Bukan

Aku bukan pendengar yang baik, tapi aku selalu berusaha memberi tanggapan yang baik ketika kerabatku berkeluh kesah 


Aku bukan perempuan yang berkarakter atau bahkan alpha, aku hanya melindungi diriku dari segala jenis penyesalan dan kekecewaan. 


Aku bukan anak yang sempurna, aku terbentuk dari kesunyian dan dinginnya cuaca. Aku bukan matahari yang dapat menghangatkanmu dan memberimu banyak hal, aku hanya bulan yang mendapat pantulan sinar matahari untuk menunjukkan keberadaanku meskipun tetap tak terlihat sempurna. 


Aku bukan perempuan yang sabar, aku adalah perempuan yang banyak memendam sakit dan luka sampai terkadang skenario buruk sering timbul dari alam bawah sadar untuk membalaskan dendam. 


Aku bukan manusia yang baik, banyak sekali hal yang aku palsukan dan aku tutupi dari orang sekelilingku, karena aku takut dengan bermacam perspektif manusia, kemudian tidak diterima dan kehilangan mereka. 


Aku bukan seorang teman yang menyenangkan, aku tidak bisa banyak bergurau karena terlalu sensitif. Aku hanya akan kau temui ketika kau sedih dan terpuruk. Aku akan kau lihat ketika kau kesulitan. Tidak perlu mengkhawatirkan diriku, sudah tugasku sebagai teman menghadapi semua itu.


Aku bukan anak yang merasa cukup, aku masih sering mencari validasi dari hal-hal di sekitarku karena selalu merasa kurang dan takut dengan opini orang lain.


Aku bukan seperti yang kamu nilai, namun sesekali bisakah kita berdamai dengan masa lalu orang lain?

Siapa pun orangnya, kita tidak pernah mengetahui apa yang telah ia lalui sebelum bertemu kita.

Benar kita tidak boleh berlarut dengan masa lalu, namun ada baiknya kita berdamai dengan masa lalu sebelum memulai langkah ke depan, bukan?

Daripada kita harus mendikte semua orang untuk memahami karakter kita akibat trauma masa lalu, alangkah lebih baik kita berbenah terlebih dahulu bukan?


Kita bukanlah manusia yang bisa mengerti segala hal, maka sandarkanlah kepada Allah. Siapapun yang kita temui, Masalah apapun yang kita hadapi, Bagaimanapun proses yang harus kita tempuh. Tetap saja, kita belum tentu sebaik-baik pribadi dari orang lain.


Komentar

Postingan Populer